17 July 2007

Wammu: mobile phone manager - Bag. 2

Setelah ubek-2 Google, akhirnya masalah di Wammu bisa teratasi dan saya berhasil menyimpan pesan sms dari hp Sony Ericsson K750i ke Ubuntu Feisty.

Kalau tidak salah, masalah tsb timbul karena ada bug di Wammu mengenai locales. Terus terang saya belum paham apa ini maksudnya, tapi yang jelas di hp saya memang kebetulan ada beberapa pesan sms dalam huruf Arab (dari operator lokal di sini). Dan setelah saya hapus pesan-2 berhuruf Arab tsb, Wammu langsung bisa berjalan lancar.



Catatan tambahan hasil ubek-2 Google:
  1. Ternyata Parsix Linux (distro berbasis Kanotix dan Debian dari Iran) sudah menyertakan Wammu sebagai aplikasi standar di dalam cd-nya, bahkan Parsix Linux versi terbaru (090r0) juga berisi Wammu versi terbaru (020). Sudah saya coba, dan di Wammu versi terbaru ini bug sudah tidak ada, kita tidak perlu lagi menghapus pesan-2 sms berhuruf Arab seperti catatan di atas.

  2. Khusus untuk hp Sonny Ericsson ternyata ada aplikasi phone manager open source berbasis Windows yang sangat populer, tapi namanya agak aneh: Float's Mobile Agent.
    Sedangkan yang tidak berbasis open source tapi gratis ada: MyPhoneExplorer.
    Keduanya sudah saya coba dan memang bagus sekali, fasilitasnya sangat lengkap sehingga bisa dianggap sebagai pengganti software bawaan Sony Ericsson yang sangat minimal itu.
Sekian dulu.

Referensi:
Wammu change log
Parsix Linux
Float's Mobile Agent
MyPhoneExplorer

Diupdate: 18-07-2007

No comments:

Post a Comment