06 July 2007

L 99 99 ...

Judul di atas bukan nomor cantik motor saya yang ada di Surabaya dulu..

Itu adalah pesan yang keluar di layar ketika saya booting, lengkapnya: L 99 99 99 99 99 99 99 99 99 ........ lalu booting berhenti alias hang.

Yes my friend, minggu lalu hard disk yang kedua (hdb) di pc saya telah corrupted dan tidak bisa diakses. Padahal Ubuntu Edgy ada di hdb8, dan tentunya data-2 yang lumayan penting lainnya juga ada di situ.

Sempat panik juga, tapi setelah berkonsultasi dengan om Google, ternyata kalau ada pesan L 99 99 itu berarti hanya MBR nya saja yang terganggu, sedangkan data lainnya kemungkinan besar masih aman.

Akhirnya kemarin saya sempatkan install Mepis terbaru di hda (dual boot dengan WinXP) dan grub saya instal di MBR hda.

Hasilnya hdb sudah bisa di akses lagi :)



Tinggal mengedit grub menu di hda, maka Ubuntu sudah kembali lagi.

Kenapa saya instal Mepis bukan Ubuntu ?
Pertama karena Mepis memiliki utiliti (Mepis System Assistant) yang sangat enak untuk memperbaiki system boot (seperti di gambar di bawah ini)



Ke dua karena dukungan multimedia yang sangat bagus di Mepis, semua sudah tersedia, tidak perlu repot2 instal sana sini. Jadi untuk sementara browsing tidak terganggu.

O, iya Mepis versi terbaru sekarang terasa lebih cepat dan stabil, tapi Firefox kadang2 suka hang dan Open Office juga sangat lambat (dengan ram 256 MB).


(Padahal paling nggak suka baca postingan soal hard disk yang rusak...)

No comments:

Post a Comment