27 July 2007

Driver Modem Conexant untuk Ubuntu Feisty ?

Sesuai informasi dari Linuxwatch, driver modem internal jenis Conexant kini sudah tersedia untuk Ubuntu Feisty. Driver ini disediakan oleh Dell khusus untuk produk PC dan laptop nya yang berbasis Ubuntu.

Kebetulan PC saya juga menggunakan modem internal Conexant dengan chipset HSF.
Dulu sewaktu sambungan internet masih dial-up, cukup susah juga mencari driver nya, kalau tidak salah karena memang lisensinya bersifat tertutup dan komersial.
Distro yang bisa langsung mendukung modem ini juga terbatas, waktu itu yang ketemu Xandros 2.0 OCE dan Linux Plus (berbasis Fedora 1.0) sehingga sempat lama memakai kedua distro tsb cuma karena alasan kompatibilitas modem internal.

Walaupun saat ini saya sudah tidak punya account untuk internet dial-up lagi, saya coba mendownload dan menginstal driver tsb di Ubuntu Feisty live cd.
Saya coba sambungan internetnya dan modem internal di PC saya mengeluarkan bunyi khasnya ketika mencari sambungan.
Kesimpulan: kelihatannya driver ini memang bisa berjalan dengan baik :)

Driver tsb dapat didownload dari sini.

Sekian dulu.

Referensi:
Linuxwatch
Direct2Dell



.

No comments:

Post a Comment