20 August 2007

Memutar VCD dengan Mplayer di Ubuntu 7.04

Setelah kemarin sukses menginstal Ubuntu 7.04, baru ingat kalau saya belum sempat mencoba memutar VCD.

Dan ternyata MPlayer harus di setting dulu supaya bisa memainkan VCD dengan cara sbb:

buka MPlayer, klik kanan di kotak layar -> Preferences -> klik tab Video -> sorot dan klik baris "xv X11/xv" -> kemudian klik OK.



- Untuk memutar VCD, klik kanan di kotak layar -> Open -> Play VCD.



- Dari MPlayer maupun nautilus saya tidak bisa meng-eject VCD.
Untuk sementara hal ini dapat diatasi dengan menjalankan perintah di terminal:
eject/media/cdrom

- Catatan tambahan:
Untuk menangkap gambar video yang sedang diputar di MPlayer ternyata perlu trik khusus. Caranya: pada pilihan pengaturan di atas, pilih driver X11 (baris yang ke 3 pada gambar di atas).
Selanjutnya gambar video dapat ditangkap seperti biasa, namun ukuran layar tidak dapat diperbesar.

Sekian dulu.

Referensi:
Ubuntuforums
Linux by examples

Edited: 20-08-2007

2 comments:

  1. saya blum seminggu menggunkan linux. distro yang saya pilih kebetulan PCLINUXOS. ketika saya mencoba menggunakan mplayer gambar yg muncul tidak jernih atau ada titik titik yang sangat mengganggu kenyamanan. saya baca tulisan ini dan langsung mempraktekkannya dan berhasil, tidak ada lagi titik2. terima kasih mas heri. oh iya tiap buka mplayer ada pesan error yg blom bisa saya pecahkan, pesan errornya "ioctl dif1: invalid argument" kira2 kenapa ya mas? terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  2. salam kenal mas sigit,
    saya jg sdh coba cari di google dengan kata kunci "ioctl dif1: invalid argument" dan kelihatannya banyak yg mengalami,tapi umumnya vcd nya tetap bisa jalan
    terus terang saya jg nggak tau jawabannya, lagi cari2 di google... :(
    kalau ketemu nanti saya infokan.
    btw nama anda mirip dg nama teman lama saya .. :)
    alamat blog anda apa ?
    salam,

    ReplyDelete